Pulau Derawan

 

Pulau Derawan merupakan Pulau yang cantik pantainya. Pasir putih yang mempesona dan lembut dan berpadu dengan birunya laut membuat pengunjung bisa santai berlama-lama di pantai Derawan. Semakin hari pengunjung ke Pulau Derawan semakin meningkat dan ini membuktikan bahwa kecantikan alam bawah laut Derawan, Pantai Derawan dan keramahan penduduk lokal sudah diakui oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Aneka masakan seafood yang masih segar bisa dinikmati oleh pengunjung diantaranya adalah ikan bakar, lobster, kerang balelok dan masih banyak lagi. Di Derawan juga sudah terdapat banyak Rumah Makan yang menyediakan berbagai macam menu seafood.

Pulau Derawan termasuk Pulau yang menjadi destinasi para pelancong manca negara maupun domestik. Keindahan alam bawah lautnya yang menakjubkan membuat wisatawan ingin kembali untuk menjelajahi keindahan alam bawah lautnya. Di sekitar Pulau Derawan juga terdapat pulau – pulau yang sangat cantik, diantaranya yang selalu menjadi tujuan wisatawan adalah Pulau Maratua,  Pulau KakabanPulau Sangalaki dan Pulau Gusung. Masing-masing Pulau tersebut mempunyai data tarik tersendiri.

Penyu hijau adalah ciri khas spesies yang menjadi tujuan wisatawan di Pulau Derawan selain keindahahan alamnya. Terumbu karang di Pulau Derawan juga sangat cantik, ikan hias bisa anda jumpai di spot-spot yang ada di Pulau Derawan. Pantai Derawan yang cantik dengan pasir putih yang bersih dan lembut juga bisa membuat kenyamanan bagi setiap pengunjung. Airnya yang jernih seperti kaca tembus pandang sangat mengundang wisatawan untuk berenang atau snorkeling untuk bermain bersama ikan – ikan hias yang cantik.

Selain keindahan pantai dan keindahan wisata bawah laut, wisatawan juga bisa menikmati aneka masakan khas Pulau Derawan. Kue JAH ( dalam bahasa Bajau ) adalah kue yang sangat enak yang terbuat dari tepung ketan yang digoreng. Warna kue JAH adalah warna oren, rasanya yang renyah juga bisa dinikmati sambil santai dengan secangkir MILO hangat. Aneka seafood dan kerang juga bisa dinikmati di Pulau Derawan diantaranya yaitu kerang KIMA, kerang BALELOK, kerang TUDAI.

Untuk explore Pulau Derawan sekarang bisa dinikmati dengan bersepeda dan terdapat banyak rental sepeda di Pulau Derawan. Rata – rata rental per jam adalah Rp. 20.000,- dan kalo menyewa lebih dari 5 unit harga bisa di tawar.

1fda3-img_19967228196303

Pulau Kakaban
Perjalanan dari Derawan menuju ke Kakaban jika cuaca teduh biasa ditempuh sekitar 40 menit dengan menggunakan speed boat. Sesampai di Pulau Kakaban pengunjung akan melihat hujaunya rimbunan pohon di pulau kakaban tersebut. Indahnya terumbu karang di sekitar dermaga Kakaban akan membuat pengunjung tak sabar untuk nyemplung snorkeling. ini dikarenakan jernihnya air laut yang tembus pandang seperti kaca apalagi di dukung oleh cuaca yang teduh dan cerahnya sinar matahari. Untuk mencapai danau Kakaban pengunjung harus menaiki anak tangga yang lumayan terjal yang terbuat dari kayu ulin sekitar 5 menit.

Pesona keindahan dan keunikan Pulau Kakaban yaitu laguna air payau yang biasa disebut Danau Kakaban. Uniknya di dalam danau dihuni oleh 4 jenis ubur-ubur tanpa sengat yang konon ceritanya hanya terdapat di dua tempat di dunia yaitu di Palau di sebuah negara di kepulauan Micronesia. Diantara ubur-ubur tersebut adalah : Moon Jellyfish ( Aurelia Aurita ) yang berbentuk lebar dan bulat seperti piring, Box Jellyfish ( Tripedalia Cystophora ), Spotted Jellyfish ( Mastigias Papua ) atau ubur-ubur papua, dan Upsidedown Jelly fish ( Cassiopea Ornata ) yaitu ubur-ubur yang berenang terbalik.

Tak heran jika wisatawan domestik dan mancanegara jauh-jauh untuk merasakan pengalaman berenang dan snorkeling bersama ubur-ubur di danau Kakaban. Suatu pengalaman yang terindah dan seru apalagi bisa diabadikan dengan kamera underwater. Selain itu di spot Kakaban reef anda juga bisa menikmati keindahan warna warni terumbu karang. Anda bisa snorkeling di Palung Kakaban yang indah.

Pulau Sangalaki
Pulau Sangalaki memiliki luas sekitar 13 Ha. Untuk menjangkau Pulau Sangalaki jika start dari Derawan bisa di tempuh sekitar 35 menit dengan menggunakan speed boat jika cuaca teduh. Keindahan Pulau Sangalaki yaitu di kelilingi oleh pantai yang luas dan pasirnya yang putih. Terdapat sebuah resort dengan nama Sangalaki Dive Lodge yang menyediakan beberapa Cottage, restoran dan fasilitas peralatan diving. Di Pulau Sangalaki pengunjung bisa melihat baby turtle dan bisa foto bersama-sama baby turtle yang imut. Jika pengunjung ingin melihat penyu bertelur bisa reservasi untuk stay semalam di Resort Sangalaki Dive Lodge. Di Pulau Sangalaki masih terdapat banyak penyu yang bertelur dimalam hari.

Keindahan alam bawah laut juga sangat cantik dan elok. Spot Coral Garden akan menjadikan pengunjung betah untuk snorkeling. Di Spot Coral Garden kita bisa melihat imutnya ikan Nemo yang malu-malu untuk keluar masuk dari sarangnya, aneka ikan hias dan warna – warni terumbu karang yang cantik bisa membius imajinasi pengunjung untuk terus menikmati keindahan alam bawah lautnya.

Mantaray adalah spot yang sangat di nanti – nanti oleh banyak wisatawan. Mantaray bisa kita jumpai biasanya air lautnya banyak mengandung plankton. Jika lagi hoki agan bisa menjumpai Black Manta yaitu ikan Mantaray hitam yang bentang sayapnya mencapai 6 meter.

Pulau Gusung
Spot yang sangat menarik lainnya yaitu di Pulau Gusung yang terletak di dekat Pulau Derawan. Untuk menuju ke Pulau Gusung sekitar 5 menit dengan menggunakan speedboat. Di spot Pulau Gusung agan bisa menikmati keindahannya jika air laut dalam keadaan surut. Lekukan bekas gelombang kecil air laut akan menambah cantiknya hasil jepretan kamera agan. Biasanya wisatawan domestik memanfaatkan momen ini dengan berbagai macam gaya / pose untuk foto bareng, foto loncat, gaya lainnya.

Pulau Maratua
Pulau Maratua merupakan salah satu dari beberapa pulau yang ada di Kepulauan Derawan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Keindahan pulau Maratua tidak kalah dengan pulau-pulau lainnya seperti pulau Derawan, pulau Sangalaki dan pulau Kakaban. Pemandangan bawah laut di pulau Maratua ini sudah sangat terkenal di kalangan para penyelam profesional dan merupakan surga bagi mereka Di Pulau Maratua kita bisa menukmati pemandangan pantai yang cantik. Warna biru toska yang dipadukan dengan biru langit membuat hasil foto foto anda lebih menarik. Di Maratua kita juga bisa berenang dan snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang yag ada di spot Maratua. Jika pas lagi surut air kita bisa snorkeling di spot penyu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close